BAB 1
1. Pengertian Wirausaha dan kewirausahaan
Wirausahawan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan entrepreneur atau orang yang melakukan aktivitas atau mengelola wirausaha seperti menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, cara memasarkan serta mengatur permodalan operasinya.
Wirausaha harus memiliki kepandaian atau memiliki bakat mengenali produk baru yang akan dikembangkan jadi, wirausahawan bukanlah penjual namun wirausahawan adalah pencipta kegiatan usaha.
Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan risiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.
Ciri-ciri wirausaha adalah :
A. Fokus terkendali
B. Berenergi yang tinggi
C. Kebutuhan akan prestasi
D. bertoleransi terhadap keraguan
E. percaya diri
F. Berorientasi terhadap tindakan
2. Karakteristik wirausaha
A. Dream
B. Decisiviness
C. Doers
D. Determination
E. Dedication
F. Devotion
G. Details
H. Destiny
I. Dollars
J. Distribute
BAB 2
MENGANALISIS PELUANG USAHA
A. Pengertian analisis peluang usaha
Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan dilaksanakan dan memberi keuntungan di kemudian hari.
Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis yang ada bisa dicari asal wirausahawan menggali dan memanfaatkan peluang usaha seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif yaitu dengan cara :
1. Percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan
2. Menerima gagasan baru
3. Bertanya pada diri sendiri
4. Mendengarkan saran orang lain
5. Memiliki etos kerja yang tinggi
6. Pandai berkomunikasi
BAB 3
MENGANALISIS KEBUTUHAN SUMBER DAYA USAHA
A. HAKIKAT SUMBER DAYA USAHA
Sumber daya merupakan kebutuhan untuk menghasilkan produk atau jasa yang kemudian dapat diperjualbelikan oleh sebuah usaha. Menurut Zakky fathoni s.p.,m.Sc sumber daya usaha adalah sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha. Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu :
1. Sumber daya material
2. Sumber daya finansial
3. Sumber daya manusia
4. Sumber daya informasi
BAB 4
SISTEM PRODUKSI PRODUK USAHA
A. Pengertian Manajemen Produksi
Manajemen produksi merupakan bagian dari bidang manajemen yang berperan dalam mengkoordinasikan beberapa kegiatan untuk mencapai tujuan.
B. Perencanaan produksi
Manajemen produksi merupakan manajemen dari suatu sistem informasi yang mengonversikan masukan ( input ) menjadi keluaran ( output ) berupa barang atau jasa. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan fungsi produksi yang memerlukan serangkaian kegiatan sebagai suatu sistem.
BAB 5
PRODUKSI LAYANAN USAHA
A. Penerapan produksi
Penerapan produksi merupakan implementasi dan perencanaan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya, khususnya pada perencanaan produksi. Sebelum memulai produksi Hal yang harus dipersiapkan adalah :
1. Mempersiapkan standar kebutuhan bahan baku produksi sesuai dengan ukuran yang ditetapkan.
2. Mempersiapkan bagan tahapan alur produksi
3. Menyiapkan tenaga kerja untuk produksi
4. Menyiapkan standar operating procedure ( SOP ) yang aplikatif dan perinci
5. Menyiapkan pelengkap produksi
BAB 6
MEDIA PROMOSI ONLINE
A. Promosi dalam pemasaran
Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan antar seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
BAB 7
PEMASARAN PRODUK USAHA
A. RUANG LINGKUP PEMASARAN
1. Pengertian pemasaran
American marketing association ( AMA ) PEMASARAN ADALAH SUATU FUNGSI ORGANISASI DAN SERANGKAIAN PROSES UNTUK MENCIPTAKAN, MENGKOMUNIKASIKAN DAN MEMBERIKAN NILAI KEPADA PELANGGAN DAN UNTUK MENGELOLA HUBUNGAN PELANGGAN DENGAN CARA MENGUNTUNGKAN ORGANISASI DAN PEMANGKU KEPENTINGANNYA.
Komentar
Posting Komentar